- Back to Home »
- Aullia Dennysa Ramadhany »
- FOD, DFD, dan HIPO Sistem Pemasaran Industri Tempe
Posted by : Unknown
Sabtu, 17 Mei 2014
NAMA :
AULLIA DENNYSA RAMADHANY
NPM :
12.511.006
SEMESTER : iv
PROGRAM STUDY : S1
Sesuai dengan bidang yg sedang kelompok
kami analisa, yaitu bidang industri, objek system informasi yg saya ambil
berasal dari system yg terdapat pada salah satu pabrik tempe tradisional yg
berlokasi di Jl.P.Antasari, Bukuan (Palaran). Sistem ini tidak
terkomputerisasi, karena masih menggunakan cara manual dan tradisional. Berikut
akan saya jelaskan salah satu system yg terdapat pada pabrik tersebut, juga
analisa dari saya untuk memperbaiki kekurangan dari sistem tersebut, yaitu
sistem pemasaran.
SISTEM PEMASARAN
Cara
pemasaran tempe sama saja dengan pemasaran bahan pangan lainnya. Karena
tingginya permintaan serta kebutuhan pasar, maka para pengusaha tempe tidak
perlu susah untuk memasarkan hasil produksinya, para pengepul maupun pedagang
eceran setiap harinya menerima antaran tempe menggunakan mobil pabrik, dan
kadang diambil sendiri.
Pertama-tama tempe yg sudah selesai diproduksi dikepul di satu
wadah/gudang besar, tempe dipisahkan sesuai dengan pesanan yg telah diterima.
Lalu sisanya dijual secara eceran kepada penjual sayur keliling atau pembeli
biasa. Tempe yg tadinya dipisahkan siap dikirim ke penjual di pasar maupun
restoran atau rumah makan yg telah memesan sebelumnya.
- FOD
- DFD
- HIPO